Selasa, 26 Oktober 2010

Bab 7 KOMUNIKASI DATA

7.1 Komunikasi data
merupakan transmisi data elektronik melalui sebuah media. Media tersebut dapat berupa  kabel tembaga, fiber optik,radio frequency dan micro wave (gelombang mikro)dan sebagainya (dibahas pada komponen jaringan ). Sistem yang memungkinkan terjadinya transmisi data seringkali disebut jaringan komunikasi data.
7.2 Model komunikasi dasar
Tidak usah jauh-jauh Misalkan saja kita berkomunikasi dengan orang lain .nah proses ini dapat digambarkan dalam gambar berikut ini:


img_01.gif

Diagram diatas ini dinamakan model dasar komunikasi, dan dua elemen yang terpenting adalah pengirim
dan penerima. Saat sseorang berbicara pada orang yang lain, pengirim menggunakan otak dan suaranya sebagai pembuat kode (coder) untuk menempatkan komunikasi itu atau pesan menjadi bentuk yang dapat dikidimkan. Pesan harus bergerak melalui sejenis jalur , yang dinamakan saluran (channel) untuk mencapai penerima. pesan verbal yang dikomunikasikan dalam percakapan tatap muka bergerak dalam bentuk gelombang suara melalui udara.saat pesan mencapai penerima, pesan tersebut harus  diuraikan kodenya (decoded). Telinga dan otak penerima berfungsi sebagai pengurai kode (decoder).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar